19 Mahasiswa Unand Terima Beasiswa Indonesia Cerdas BRI

19 Mahasiswa Unand Terima Beasiswa Indonesia Cerdas BRI
19 Mahasiswa Unand Terima Beasiswa Indonesia Cerdas BRI

PADANG – Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Andalas dari berbagai Program Studi terima Beasiswa Indonesia Cerdas 2019 dari PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk.

Beasiswa ini diserahkan secara simbolis oleh Syamsul Arifin Pimpinan BRI Wilayah Padang kepada mahasiswa yang disaksikan oleh Rektor dan Wakil Rektor III Universitas Andalas pada Selasa (07/07/2020) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Syamsul Arifin mengucapkan selamat kepada para mahasiswa Universitas Andalas, atas perolehan Beasiswa Indonesia Cerdas BRI. 

Ia berharap, mahasiswa dapat mengelola beasiswa ini dengan baik dan memanfaatkannya untuk keperluan atau kebutuhan-kebutuhan yang terkait prestasi dan akademik. “Bukan untuk hal-hal yang komsumtif,” ujarnya.

BRI memberikan bantuan beasiswa ini sebanyak Rp. 95.000.000,- kepada 19 mahasiswa Universitas Andalas untuk tahun 2019.

Disampaikannya beasiswa ini merupakan kali kedua yang diberikan oleh BRI kepada pihak Universitas Andalas setelah tahun sebelumnya juga telah menyerahkan beasiswa sebanyak Rp. 75.000.000,- yang dibagi kepada 15 mahasiswa.

Sebenarnya untuk tahun 2019 Universitas Andalas mendapatkan kuota sebanyak 24 orang, yang terdiri dari  kategori umum sebanyak 10 orang, kategori 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) sebanyak  9 orang, dan untuk kategori difable 5 orang.

“Namun, dari hasil seleksi administrasi didapatkan 19 penerima dari kategori umum dan 3 T sedangkan untuk kategori difabel tidak didapatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH mengucapkan terima kasih kepada pihak BRI yang telah memberikan bantuan beasiswa kepada para mahasiswanya.

Rektor mengatakan pada prinsipnya penerimaan beasiswa ini tidak boleh double dalam artian penerima tidak boleh menerima beasiswa juga dari pihak lain.

Makanya, seleksi yang ketat sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh pemberi beasiswa secara konsisten ditegakkan agar pemberian beasiswa ini tepat sasaran.

“Diseluruh perguruan tinggi, lebih dari 50% mahasiswanya sudah memperoleh beasiswa dari berbagai bentuk yang diawali dengan pemberian beasiswa bidikmisi, dimana beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang secara akademik memenuhi kualifikasi tetapi dari segi finansial  mengalami kendala,” ujarnya.

Untuk Universitas Andalas sendiri lebih dari 5 ribu mahasiswa sudah memperoleh bantuan beasiswa bidikmisi.

Rektor berpesan kepada mahasiswa untuk membangun idealismenya, kompetensi, dan integritas serta tetap menjaga nama baik almamater dimanapun berada.(unand.ac.id)