24 Juli hingga 24 Agustus 2020, Seleksi Jalur Mandiri Unand Dibuka

24 Juli hingga 24 Agustus 2020, Seleksi Jalur Mandiri Unand Dibuka

PADANG - Pendaftaran jalur Mandiri Universitas Andalas sudah bisa mendaftar hari ini, tanggal 24 Juli hingga 24 Agustus 2020 melalui laman http://pmb.unand.ac.id.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin, MS mengatakan penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri pada intinya memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang mempunyai kemampuan akademik dan prestasi unggul dalam bidang minat, bakat, dan nalar.

“Kuota maksimal yang disediakan untuk seleksi jalur mandiri adalah 30% dari total mahasiswa baru Universitas Andalas,” terangnya.

Jalur penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri terdiri dari dua varian yakni Seleksi Mandiri Berdasarkan Kemampuan Akademik (SMBKA) dan Seleksi Mandiri Berdasarkan Prestasi Unggul (SMBPU).

Prof. Mansyurdin menambahkan proporsi penerimaan mahasiswa melalui SMBKA minimal 75% sedangkan SMBPU maksimal 25 % dari total daya tampung jalur mandiri.

Khusus bagi peserta yang lulus melalui jalur SMBPU mereka tidak dibebankan biaya pengembangan institusi (PI) dan penetapan level UKTnya berdasarkan kemampuan keluarga.

Tahun ini Universitas Andalas tidak lagi bergabung dengan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN) seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, sistem ujian tulis dimasa pandemi tidak memungkinkan, terutama dari segi izin Gubernur akan rumit, berhubung karena UTBK kemarin program pusat yang ditanggung langsung oleh pusat atas rekomendasi Gubernur.

“Namun, untuk Mandiri itu tentu menjadi tanggung jawab Rektor tidak ada perlindungan pusat,” terangnya.

Disisi lain, dari segi peminat akan jauh berkurang karena kalau ujian tulis dilaksanakan tentu calon mahasiswa dari berbagai daerah akan datang ke Universitas Andalas atau Sumatera Barat, dimana dalam kondisi pandemi ini perpindahan orang masih tidak memungkinkan. 

Dikatakannya Universitas Andalas memilih tidak melakukan ujian tetapi menggunakan nilai UTBK, menggunakan nilai UTBK tidak salah karena didalam peraturan LTMPT dibolehkan.

“Bagi mereka yang tidak punya sertifikat UTBK sama sekali, dapat menggunakan rapor, tetapi ada juga nilai lain seperti prestasi akademik dan kemudian reputasi sekolah serta serapan alumni di Perguruan Tinggi, yang akan jadi pertimbangan hampir sama dengan SNMPTN,” jelas Prof. Manyurdin.

Ditambahkannya Universitas Andalas sendiri sudah bekerjasama dengan LTMPT terkait sertifikat UTBK. “Nanti pihak LTMPT akan memberikan datanya ke pihak kita (Universitas  Andalas),” sambungnya.

Bagi peserta yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K) disampaikannya tidak ada perbedaan sama sekali, mereka bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun Mandiri.

Untuk jadwal pendaftaran peserta dan pembayaran registrasi dimulai pada tanggal 24 Juli – 24 Agustus 2020, verifikasi dokumen dan penilaian 25 – 31 Agustus 2020, pengumuman kelulusan tanggal 1 September 2020.

Kemudian untuk registrasi mahasiswa baru dan pembayaran UKT pada tanggal 1 – 4 September 2020.(unand.ac.id)