Hari Ke 4 UTBK Unand Capai 4.488 Peserta

Hari Ke 4 UTBK Unand Capai 4.488 Peserta

PADANG – Dihari keempat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dimulai pada (5/7) minggu kemarin sudah mencapai 4.488 peserta.

“Pelaksanaan UTBK di Universitas Andalas sendiri secara keseluruhan mencapai 10.857 peserta yang berlangsung dari tanggal 5 – 14 Juli 2020,” ujar Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin, MS pada Rabu (08/07/2020) di Ruang Kerjanya Gedung Rektorat Lantai I Kampus Unand Limau Manis Padang.

Hingga kemarin peserta UTBK di Universitas Andalas mencapai 4.488 peserta yang seharusnya 4.700, jadi ada 212 peserta yang tidak mengikuti ujian ini.

Dijelaskannya setiap hari total peserta yang ujian di Universitas Andalas mencapai 580 hingga 590 persesi.

Lebih lanjut, ia menambahkan perhari ada dua sesi UTBK yakni pagi dan sore yang awalnya empat sesi perhari namun karena menyesuaikan dengan protokol covid sehingga persesinya hanya dua kali.

Universitas Andalas memperoleh 17 sesi yang secara keseluruhan ujian akan selesai dalam 8,5 hari, dengan perhari dilaksanakan dua sesi.

Prof. Mansyurdin menyampaikan untuk lokasi UTBK, Universitas Andalas menyediakan 13 titik lokasi ujian dengan 45 ruang, ada yang dikampus limau manis dan ada yang berada di jati yakni gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Gigi.

Terkait peserta, disampaikannya hanya diwajibkan memakai masker, kalaupun mereka ada yang memakai face shield dan sarung tangan itu lebih baik, karena setiap ruang ujian juga sudah menyediakan sarung tangan.

Disamping memakai masker, masing-masing peserta harus membawa dokumen kelengkapan ujian seperti kartu peserta, ijazah atau surat tanda kelulusan dan kartu tanda pengenal.

Mengenai surat bebas covid, ia mengungkapkan untuk Universitas Andalas kita tidak mewajibkannya, mungkin ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain yang mewajibkan peserta harus tes covid terlebih dahulu, itu wewenang masing-masing pusat UTBK. 

Peserta yang akan mengikuti ujian diimbau untuk sarapan terlebih dahulu dan menyiapkan kelengkapan yang harus dibawa sebagai alat pencegahan dimasa pendemi covid 19 seperti hand sanitizer, masker, sarung tangan bila diperlukan. 

Ia juga mengimbau bagi peserta untuk langsung ke lokasi ujian tanpa singgah terlebih dahulu ke tempat lain.(unand.ac.id)