Wakil Rektor II Unand, Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB (Onk) Inginkan FKG Segera Bergabung di Kampus Limau Manis

Wakil Rektor II Unand, Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB (Onk) Inginkan FKG Segera Bergabung di Kampus Limau Manis

PADANG – Wakil Rektor II Universitas Andalas Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB (Onk) menginginkan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) untuk segera bergabung di Kampus Limau Manis.

Hal itu, disampaikannya saat membuka simposium 12 tahun FKG Universitas Andalas yang membahas tentang peluang dan tantangan dari berbagai perspektif stakeholder menuju profesionalisme, bermartabat, dan terkemuka pada Jumat (03/07/2020).

WR II menyampaikan saat ini hanya FKG yang masih berada di Jati. “Kalau FKG masih berada di Jati, maka akan sulit untuk maju, karena disana lahannya sangat sempit, susah untuk menambah pembangunan apalagi sekarang minat mahasiswa untuk melanjutkan studi di FKG semakin meningkat,” ujarnya.

Sedangkan untuk di Limau Manis, FKG bakal berada diantara Fakultas Keperawatan dan Fakultas Kedokteran, dan juga dekat dengan Rumah Sakit Universitas Andalas.

Ia menilai lokasi tersebut merupakan lokasi yang paling indah dibandingkan fakultas lain karena dilahan itu ada lereng dan sungainya. 

Lebih lanjut, WR II meminta kepada Dekan untuk membuat rancangan yang baik dan terintegrasi karena tempat kerja yang nyaman dan aman akan menghadiran rasa suka untuk bekerja.

Disamping itu, ia juga mengingatkan untuk bagaimana memproyeksikan pengembangan S2, Spesialis Gigi agar kemajuan FKG lebih cepat.

Kedepan di Universitas Andalas, kebutuhan mahasiswa sarjana dan pascasarjana akan seimbang, disampaikannya saat ini di Fakultas Kedokteran jumlah mahasiswa S1 dengan Pascsanya sudah berimbang.

Simposium 12 Tahun FKG Universitas Andalas ini menghadirkan narasumber diantaranya Wakil Rektor II sendiri, Dirut Rumah Sakit Universitas Andalas Dr. dr. Yevri Zulfikar, Sp.B, Sp.U, Ketua PDGI Pengwil Sumatera Barat (Sumbar) drg. Frisdawati Boer, MM, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, dan alumni serta dari BPJS yang dipandu oleh drg. Harfindo Nismal, Sp. BM.

Sementara itu, Dekan FKG Dr. drg. Nila Kasuma, M. Biomed mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memanfaatkan peluang yang ada terkait fakultas ini kedepannya.

Ia mengimbau tendik, teman sejawat dan seluruh pimpinan serta stakeholder untuk bergandengan tangan dan berkolaborasi melangkah ke depan untuk mewujubkan pembangunan FKG sehingga mampu bersaing diera globalisasi saat ini.

Seperti sama-sama diketahui, FKG saat ini berada di jalan Perintis Kemerdekaan Jati yang berdampingan dengan Magister Managemen Fakultas Ekonomi.

Pertama kali, kedokteran gigi menerima mahasiswa baru yakni pada tahun 2008 yang saat itu masih berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

FKG sendiri baru diresmikan pada tahun 2012 oleh Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA yang saat itu menjabat sebagai Rektor Universitas Andalas dan menjadi fakultas yang ke 13 setelah peresmian Fakultas Kesehatan Masyarakat.(unand.ac.id)